Friday, December 20, 2013

Cara kerja dari motor bakar diesel 4 tak

Cara kerja dari motor bakar diesel 4 tak - pada umumnya motor diesel 4 tak lebih baik jika dibandingkan dengan motor bakar diesel 2 tak namun biar bagaimanpun motor diesel juga tidak bisa dikatakan sempurna mengapa demikian karena namanya juga buatan manusia ya yang namanya buatan manusia itu pasti tidak ada yang sempurna seperti yang dikatakan dmasiv wiss.. becanda brother,, okelah langsung saja ya apa-apa saja sih yang bisa di ketahui dari cara kerja motor diesel 4 tak itu berikut pembahasnnya:


-Langkah kerja motor diesel 4 tak

Langkah hisap 
Pada langkah hisap, udara dimasukan kedalam silinder. Piston membentuk kevakuman didalam silinder seperti pada mesin bensin, pistin bergerak ke bawah dari titik mati atas(TMA) ke titik mati bawah(TMB). Tejadi kevakuman menyebabkan katup hisap terbuka dan memungkinkan udara murni masuk kedalam silinder. Katup buang tertutup delama langkah hisap.
Langkah kompresi 
Pada langkah kompresi, piston bergerak dari TMB menuju TMA. Pada saat ini kedua katup tertutup udara yang dihisap selama langkah hisap dikompresikan hingga tekanannya naik sekitar 30kg/cm2 (427 psi, 2,942 kpa) dengan temperatur sekitar 5000-8000 oC(932-14720F).
Langkah pembakaran 
Udara yang terdapat didalam silinder didorong kedalam ruang bakar pendahuluan(precombustion chamber) yang terdapat pada bagian atas masing-masing ruang bakar. Pada akhir langkah pembakaran, ignition nozzle terbuka dan menyemprotkan kabut bahan bakar kedalam ruang bakar pendahuluan dan campuran udara bahan bakar selanjutnya terbakar oleh panas yang dibangkitkan oleh tekanan. Panas keduanya naik secara mendadak dan bahan bakar yang tersisa pada ruang bakar pendahuluan ditekan ke ruang bakar utama diatas piston. Kejadian ini menyebabkan bahan bakar terurai menjadi partikel-partikel kecil dan bercampur dengan udara pada ruang bakar utama (main combustion) dan terbakar dengan cepat. Energi pembakaran mengekspansikan gas dengan sangat cepat dan piston terdorong kebawah. Gaya yang mendorong piston ke bawah diteruskan ke batang piston dan poros engkol dan dirubah menjadi gerak putar untuk memberi tenaga pada mesin.
Langkah buang
Pada saat piston menuju TMA, katup buang terbuka dan gas pembakaran dikeluarkan melalui katup buang pada saat piston bergerak keatas lagi. Gas akan terbuang habis pada saat piston mencapai TMA, dan setelah itu proses dimulai lagi dengan langkah hisap. Selama mesin menyelesaikan empat langkah(hisap, kompresi, pembakaran, buang) poros engkol berputar dua kali dan menghasilkan satu tenaga, ini disebut dengan siklus diesel.
Demikianlah pembahasan mengenai Cara kerja dari motor bakar diesel 4 tak dan akan terus di uptodate sesuai dengan kemajuan teknologi.

Categories: , , , , , , ,

0 comments:

Post a Comment